Evaluasi Hasil Belajar Matematika

84202054
Cahyo Dimas

Deskripsi mata kuliah

Capaian Pembelajaran (learning outcomes)

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan istilah evaluasi, penilaian, pengukuran, dan tes serta apa saja yang dievaluasi, dinilai, diukur dalam proses pembelajaran.
  2. Mahasiswa dapat memahami konsep validitas dan reliabilitas, perbedaanya dan hubungan keduanya.
  3. Mahasiswa dapat mengembangkan soal pemecahan masalah dan menghasilkan proyek berupa video hasil validasi pengembangan soal.
  4. Mahasiswa memiliki sikap bekerja sama, tanggung jawab, dan kreatif dalam menyelesaikan tugas

 

Description

Memahami teori dan konsep-konsep Evaluasi Pembelajaran Matematika serta dapat mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran matematika di sekolah. Pada mata kuliah ini dibahas konsep tentang makna dan kedudukan evaluasi dalan pembelajaran matematika, perbedaan tes,pengukuran, penilaian, dan evaluasi, hakikat evaluasi pembelajaran, pengelompokkan alat ukur yaitu bagaimana kriteria pengukuran atau alat ukur yang baik, pengembangan penilaian tes baik tes obyektif maupun tes uraian yaitu bagaimana menulis tes obyektif dan tes uraian yang baik serta pengembangan penilaian nontes seperti angket, wawancara, dan portofolio. Mengembangkan soal PISA dan TIMMS, kualitas alat penilaian antara lain validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Aktivitas yang dilakukan dalam perkuliahan ini yaitu mengembangan alat evaluasi secara kelompok dan perhitungan kualitas alat penilaian, pengembangan nilai evaluasi, kemudian uji coba dilapangan dan terakhir paparan hasil uji coba.

 


Manager(s) for 84202054 : Cahyo Dimas
Administrator for Elearning : purwanto
Phone : 0331-335823
Diperkuat oleh Claroline © 2001 - 2013