BERMAIN DAN PERMAINAN AUD

86207024B
Ratnasari Chandra

Deskripsi mata kuliah

Description

  1. A.    Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai konsep  arti, manfaat, karakteristik dan tahapan perkembangan bermain, bermain sebagai strategi belajar anak TK, konsep belajar terpadu dalam bermain anak serta ragam permainan dan aktivitas bermain anak

 

  1. B.     Kompetensi Mata Kuliah

Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk:

  1. Mahasiswa dapat  menjelaskan Arti dan manfaat bermain.,Karakteristik dan tahap perkembangan bermain.
  2. Mahasiswa  mampu menjelaskan kreativitas anak usia TK dan memanfaatkan gerakan dasar bermain.
  3. Mahasiswa  mampu menjelaskan lingkungan belajar dan bermain di TK yang sesuai
  4. Mahasiswa dapat memilih permianan sesuai dengan perkembangan anak TK serta dapat  permianan sebagai penunjang aspek-aspek pengembangan.
  5. Mahasiswa dapat memanfaatkan bahan sisa dan bahan alam sebagai media bermain.
  6. Mahasiswa dapat menerapkan Bermain sebagai strategi belajar serta Konsep belajar terpadu dalam bermain
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan peran dan tanggung jawab guru.

 

  1. C.    Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran menggunakan metode Student Centered Learning (SCL), mahasiswa diarahkan untuk lebih aktif didalam kelas ataupun diluar kelas. Mahasiswa dituntut untuk belajar mandiri dengan mencari bahan referensi melalui internet ataupun buku-buku yang berhubungan dengan materi yang dimanfaatkan sebagai bahan diskusi setelah ceramah interaktif didalam kelas. Sebab dosen hanya bertindak sebagai fasilitator dan pemandu disetiap aktivitas mahasiswa baik pada tatap muka dikelas maupun pada pertemuan-pertemuan diluar kelas. Selanjutnya mahasiswa juga dipandu dalam mengerjakan tugas-tugas yang terkait dengan topik-topik yang diberikan dan mahasiswa di tugaskan membuat media sesuai dengan materi yang akan di tampilkan.   Mahasiswa dituntun dalam melaksanakan diskusi dan belajar mengenai berdiskusi yang baik. Mahasiswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil beranggotakan 2-4 orang. Masing-masing kelompok diberikan topik sesuai dengan yang tertera di RPM. Setiap kelompok diminta menulis paper/makalah kemudian dipresentasikan di depan kelas. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan pemahaman konsep setiap topik yang diberikan. Disamping itu, mahasiswa secara individu diminta untuk menulis makalah dan review literatur bermain dan permainan AUD. Pada akhir pertemuan perkuliahan dilakukan seminar kelompok dan presentasi tugas individu mahasiswa.

 

  1. D.    Metode Evaluasi

Penilaian dilakukan melalui pendekatan proses dan kinerja baik secara individual maupun secara kelompok. Instrument yang digunakan untuk penilaian adalah melalui tes, rubric, dan laporan tugas kelompok dan review media pengajaran geografi.

Penilaian Individu meliputi:

  1. Ujian tengah semester  15%
  2. Ujian akhir Semester 15%
  3. Tugas individu dalam bentuk Portofolio 30%
  4. Keaktifan dalam mengacukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dalam diskusi 15%
  5. Tugas Akhir Individu 25%

 

Penilaian kelompok meliputi:

  1. Rubrik yang disepakati bersama dan dibakukan skoringnya 40%
  2. Peer group 20%
  3. Kekompakan team dalam bekerja 20%
  4. Laporan kelompok 20%

 

Standar konversi nilai yang direncanakan:

A                     >80

B                      71 -  80

C                      61- 70

D                     51-60

E                      < 50

 


Manager(s) for 86207024B : Ratnasari Chandra
Administrator for Elearning : purwanto
Phone : 0331-335823
Diperkuat oleh Claroline © 2001 - 2013